Fintech UMKM
Sumber: Image by pikisuperstar on Freepik

Mengetahui Peran Fintech dalam Meningkatkan Pendapatan UMKM

Halo, para pembaca yang tertarik dengan perkembangan bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)! Bisnis UMKM menjadi salah satu pilar ekonomi yang penting dalam pembangunan ekonomi suatu negara. Salah satu faktor penting dalam pengembangan bisnis UMKM adalah permodalan. Untungnya, dengan kemajuan teknologi, sekarang telah hadir banyak platform Financial Technology atau Fintech lending yang dapat membantu UMKM dalam mendapatkan pinjaman modal untuk mengembangkan bisnisnya.

Pilihan Pinjaman Modal dari Fintech

Salah satu contoh platform Fintech yang menawarkan pinjaman modal untuk UMKM adalah BPRS Hijra Alami. Mereka menawarkan pinjaman dengan nominal yang cukup menggiurkan, mulai dari satu juta hingga dua miliar rupiah, dengan tenor yang fleksibel, yaitu antara tiga bulan hingga empat tahun.

Menurut Ike Ayu Saputri, seorang senior RM Supply Chain Financing di PT BPRS Hijra Alami, pinjaman tersebut diberikan untuk membantu pelaku UMKM meningkatkan usaha mereka. Ini juga merupakan upaya untuk mempertahankan UMKM di Indonesia.

Syarat Pengajuan Pinjaman

Syarat pengajuan pinjaman modal melalui Fintech seperti BPRS Hijra Alami tergolong mudah. Mereka hanya memperhatikan rekam jejak pendapatan UMKM dan seberapa besar pendapatan yang didapatkan setiap bulannya. Jika UMKM telah memenuhi syarat minimum yang ditetapkan oleh fintech, mereka akan dipermudah dalam mendapatkan pinjaman modal.

Manfaat Bagi UMKM

Manfaat keberadaan fintech dalam memberikan pinjaman modal bagi UMKM sangat dirasakan langsung oleh para pelaku usaha. Sebagai contoh, Yuari Trantono, pemilik Pangan Nusantara, mengalami peningkatan signifikan dalam omsetnya setelah mendapatkan tambahan modal dari PT BPRS Hijra Alami. Omsetnya meningkat sebesar 5% sampai 10% setiap bulannya.

PT BPRS Hijra Alami memberikan kesempatan kepada para pengusaha tambak ikan, petani, dan peternak untuk meningkatkan modal usaha mereka melalui pemberian pinjaman. Mereka memberikan kemudahan dengan tidak memerlukan aset fisik sebagai jaminan pengajuan modal. Yang dibutuhkan hanyalah peningkatan performa bisnis yang sedang dijalankan oleh para pelaku usaha.

Baca Juga :  Tips untuk Menggaji Karyawan dengan Adil dan Berdasarkan Kinerjanya

Kesimpulan

Dengan adanya platform Fintech seperti BPRS Hijra Alami, UMKM dapat lebih mudah untuk mendapatkan modal usaha dan mengembangkan bisnis mereka. Pinjaman modal dari Asosiasi Fintech dapat membantu UMKM meningkatkan pendapatan dan berkembang lebih pesat. Oleh karena itu, penting bagi para pelaku UMKM untuk memahami peran dan manfaat dari Fintech dalam meningkatkan pendapatan dan pertumbuhan bisnis mereka. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Check Also

merchandising

Tips Merchandising: Strategi Kreatif untuk Meningkatkan Daya Tarik Produk

Selamat datang di dunia merchandising, di mana kreativitas bertemu dengan strategi pemasaran yang efektif! Merchandising …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *