Pengertian Komunikasi Berdasarkan Para Ahli
Pengertian Komunikasi Berdasarkan Para Ahli

Pengertian Komunikasi Berdasarkan Para Ahli

Sobat Berdasarkan, dalam kehidupan sehari-hari, komunikasi memainkan peran penting dalam menjalin hubungan antarmanusia. Namun, apa sebenarnya pengertian komunikasi? Bagaimana para ahli mendefinisikannya? Pada artikel ini, kita akan menjelajahi pengertian komunikasi berdasarkan para ahli terkemuka dalam bidang ini. Bersiaplah untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang esensi komunikasi dan pentingnya dalam kehidupan kita.

Kata Pembuka: Komunikasi sebagai Pondasi Interaksi Manusia

Salam, Sobat Berdasarkan! Semoga kabarmu baik-baik saja. Dalam kehidupan kita, komunikasi adalah kunci penting untuk memahami dan berinteraksi dengan sesama. Dengan komunikasi yang efektif, kita dapat menyampaikan ide, perasaan, dan informasi dengan jelas dan saling memahami. Melalui artikel ini, kita akan menjelajahi konsep komunikasi berdasarkan pandangan para ahli, sehingga kita dapat mengembangkan kemampuan komunikasi yang lebih baik dan memperkuat hubungan kita dengan orang lain. Yuk, simak penjelasan berikut ini!

Pendahuluan: Memahami Pengertian Komunikasi

Sebelum kita mempelajari pengertian komunikasi menurut para ahli, mari kita definisikan terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan komunikasi secara umum. Komunikasi adalah proses penyampaian dan penerimaan pesan antara dua pihak atau lebih dengan menggunakan berbagai simbol, bahasa, atau media yang relevan. Tujuan komunikasi adalah untuk membagikan informasi, mempengaruhi pemikiran dan perilaku, serta membangun hubungan yang lebih baik.

1. Apa pengertian komunikasi menurut Harold D. Lasswell?

Menurut Harold D. Lasswell, komunikasi adalah suatu proses di mana “siapa” mengatakan “apa” melalui “saluran” kepada “siapa” dengan “akibat” yang dapat dihasilkan.

2. Bagaimana pandangan Shannon dan Weaver tentang komunikasi?

Shannon dan Weaver menggambarkan komunikasi sebagai proses pengiriman informasi dari sumber melalui saluran menggunakan kode tertentu menuju penerima dengan potensi gangguan yang bisa terjadi.

3. Apa pengertian komunikasi menurut Wilbur Schramm?

Wilbur Schramm melihat komunikasi sebagai “proses yang terjadi ketika seseorang mengirim pesan yang dapat dipahami oleh orang lain.”

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Peta Berdasarkan Para Ahli dan Manfaatnya

4. Bagaimana Max McCombs dan Donald Shaw mendefinisikan komunikasi?

Menurut Max McCombs dan Donald Shaw, komunikasi adalah “proses yang mempengaruhi apa yang orang pikirkan atau pikiran apa yang akan mereka pikirkan.”

5. Apa pandangan Paul Watzlawick tentang komunikasi?

Paul Watzlawick mengemukakan bahwa “tidak mungkin untuk tidak berkomunikasi” karena setiap perilaku manusia dapat diinterpretasikan sebagai bentuk komunikasi.

6. Bagaimana pandangan Deborah Tannen tentang komunikasi?

Deborah Tannen melihat komunikasi sebagai “pertukaran pesan sosial yang kompleks yang melibatkan banyak faktor seperti gaya berbicara, bahasa tubuh, dan konteks sosial.”

7. Apa pengertian komunikasi menurut Irwin Altman dan Dalmas Taylor?

Irwin Altman dan Dalmas Taylor menggambarkan komunikasi sebagai “suatu proses yang mencakup pertukaran simbolik antara dua individu melalui saluran komunikasi.”

Kelebihan dan Kekurangan Pengertian Komunikasi Berdasarkan Para Ahli

Sobat Berdasarkan, sekarang kita akan membahas kelebihan dan kekurangan pengertian komunikasi berdasarkan pandangan para ahli yang telah disebutkan sebelumnya. Dengan memahami hal ini, kita dapat memiliki wawasan yang lebih komprehensif tentang komunikasi sebagai fenomena kompleks. Mari kita eksplorasi bersama!

1. Kelebihan Pengertian Komunikasi

Emoji: 👍

– Pengertian komunikasi yang luas memungkinkan kita untuk melihat komunikasi dalam berbagai konteks dan perspektif.

– Menggambarkan komunikasi sebagai proses interaksi antarindividu membantu kita memahami pentingnya relasi dan dinamika dalam komunikasi.

– Memasukkan elemen pengiriman pesan, saluran, dan penerima dalam pengertian komunikasi memberikan gambaran tentang kompleksitas proses komunikasi.

2. Kekurangan Pengertian Komunikasi

Emoji: 👎

– Beberapa definisi komunikasi mungkin terlalu umum dan abstrak, sehingga sulit diterapkan dalam konteks yang lebih spesifik.

– Beberapa pengertian komunikasi mungkin mengabaikan aspek budaya, sosial, dan kontekstual yang penting dalam komunikasi manusia.

– Definisi-definisi komunikasi yang berbeda dapat menyebabkan perbedaan interpretasi dan pemahaman yang membingungkan.

Baca Juga :  Mengenal Perkembangan Kognitif Berdasarkan Pendapat Piaget

Tabel: Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli

No. Nama Ahli Pengertian Komunikasi
1 Harold D. Lasswell Komunikasi adalah suatu proses di mana “siapa” mengatakan “apa” melalui “saluran” kepada “siapa” dengan “akibat” yang dapat dihasilkan.
2 Shannon dan Weaver Komunikasi adalah proses pengiriman informasi dari sumber melalui saluran menggunakan kode tertentu menuju penerima dengan potensi gangguan yang bisa terjadi.
3 Wilbur Schramm Komunikasi adalah “proses yang terjadi ketika seseorang mengirim pesan yang dapat dipahami oleh orang lain.”
4 Max McCombs dan Donald Shaw Komunikasi adalah “proses yang mempengaruhi apa yang orang pikirkan atau pikiran apa yang akan mereka pikirkan.”
5 Paul Watzlawick “Tidak mungkin untuk tidak berkomunikasi” karena setiap perilaku manusia dapat diinterpretasikan sebagai bentuk komunikasi.
6 Deborah Tannen Komunikasi adalah “pertukaran pesan sosial yang kompleks yang melibatkan banyak faktor seperti gaya berbicara, bahasa tubuh, dan konteks sosial.”
7 Irwin Altman dan Dalmas Taylor Komunikasi adalah “suatu proses yang mencakup pertukaran simbolik antara dua individu melalui saluran komunikasi.”

FAQ tentang Pengertian Komunikasi

1. Apa peran penting komunikasi dalam kehidupan sehari-hari?

Komunikasi memainkan peran penting dalam kehidupan sehari-hari karena memungkinkan kita untuk berinteraksi, menyampaikan pesan, membangun hubungan, dan memecahkan masalah.

2. Apa yang membedakan komunikasi verbal dan nonverbal?

Komunikasi verbal melibatkan penggunaan kata-kata dan bahasa, sedangkan komunikasi nonverbal melibatkan ekspresi wajah, gerakan tubuh, dan bahasa tubuh.

3. Bagaimana mengembangkan keterampilan komunikasi yang efektif?

Keterampilan komunikasi yang efektif dapat dikembangkan melalui praktik aktif mendengarkan, menghargai perspektif orang lain, menggunakan bahasa yang jelas, dan memahami konteks komunikasi.

4. Bagaimana komunikasi mempengaruhi hubungan antarmanusia?

Komunikasi yang baik dapat memperkuat hubungan antarmanusia dengan membangun kepercayaan, memperjelas ekspektasi, dan memfasilitasi saling pengertian.

5. Mengapa pemahaman tentang komunikasi penting dalam lingkungan kerja?

Pemahaman tentang komunikasi penting dalam lingkungan kerja karena dapat meningkatkan kolaborasi, menghindari konflik, dan meningkatkan efisiensi dan produktivitas tim.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Sakit Pinggang berdasarkan Pendapat Dokter

6. Apa peran teknologi dalam perkembangan komunikasi?

Teknologi telah memainkan peran penting dalam perkembangan komunikasi dengan menyediakan alat dan platform yang memungkinkan komunikasi jarak jauh dan pertukaran informasi secara cepat dan efisien.

7. Apa saja hambatan dalam komunikasi antarbudaya?

Hambatan dalam komunikasi antarbudaya dapat mencakup perbedaan bahasa, nilai-nilai budaya, stereotipe, dan ketidaktahuan tentang norma dan adat istiadat yang berbeda.

Kesimpulan: Memperkuat Komunikasi untuk Membangun Hubungan Lebih Baik

Sobat Berdasarkan, setelah mempelajari pengertian komunikasi berdasarkan para ahli, kita dapat menyimpulkan bahwa komunikasi adalah inti dari hubungan manusia. Kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik memengaruhi interaksi kita dengan orang lain, pemahaman kita terhadap dunia, dan kemampuan kita untuk membangun hubungan yang bermakna. Dengan memperhatikan kelebihan dan kekurangan komunikasi, kita dapat meningkatkan keterampilan komunikasi kita dan memperkuat hubungan yang ada.

Jadi, mari kita aktif berlatih dan meningkatkan kemampuan komunikasi kita setiap hari. Dengarkan dengan cermat, berbicaralah dengan jelas, dan hargai perspektif orang lain. Dengan cara ini, kita dapat membangun hubungan yang kuat, saling memahami, dan menciptakan dunia yang lebih baik melalui komunikasi yang efektif.

Jika kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut tentang pengertian komunikasi atau topik terkait, jangan ragu untuk mengajukan pertanyaanmu. Kami siap membantu!

Kata Penutup

Disclaimer: Artikel ini disusun untuk tujuan informasi dan referensi. Pandangan yang disampaikan dalam artikel ini adalah pandangan para ahli yang dikutip, dan dapat berbeda-beda dalam konteks yang berbeda. Penting untuk terus memperluas pemahaman kita tentang komunikasi melalui studi yang lebih mendalam dan pengalaman langsung dalam berinteraksi dengan orang lain.

Salam hangat,
Tim Berdasarkan

Related video of “Pengertian Komunikasi Berdasarkan Para Ahli”

Check Also

sewa kipas misty fan

Inilah Kelebihan Sewa Kipas Misty Fan untuk Acara Anda

Hai, pembaca yang hebat! Apakah Anda sedang merencanakan sebuah acara dan ingin memastikan semua tamu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *